EDUKASIKESHLINGPaluVideo News

WARGA RESAH, PULUHAN RIBUH SERANGGA KEPUNG PERKAMPUNGAN DI TOLITOLI

Reporter : Satriani

Tolitoli, swatvnews.id – Puluhan ribu serangga mirip kumbang di Kabupaten Tolitoli, sejak sepekan terakhir makin meresahkan warga. Pasalnya hewan yang biasa disebut warga sebagai walang sangit itu sering menyukai tempat penerangan yang memiliki hawa panas.
Serbuan serangga jenis kumbang atau yang disebut walang sangit ini akhir-akhir ini banyak ditemukan pada malam hari baik di rumah, di pertokoan, perkantoran, dan jalan seperti yang terlihat di salah satu perkantoran milik markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Tolitoli yang berada di kawasan Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan.
Hama Walang sangit berwarna hitam berbentuk bulat kecil bersayap dan baunya sangat busuk, serta sangat menganggu pengendara yang lewat, dikarenakan hewan ini menjadikan tempat hinggap dan tempat kumpul mereka di lampu penerangan jalan yang ada disetiap sudut kota Tolitoli.
Kehadiran serangga itu cukup mengganggu aktivitas warga, selain menimbulkan bau tidak sedap, serangga-serangga itu membuat kulit terasa gatal dan panas ketika mengenai tubuh. Bahkan sejumlah pemilik toko, minimarket, dan warung makan mengeluh pendapatan mereka menurun lantaran jumlah pengunjung berkurang.
Warga bahkan berusaha mengusir ataupun mematikan serangga yang tidak diketahui asal-usulnya itu dengan berbagai cara.
Perubahan musim kemarau ke musim hujan menjadi salah satu faktor pendukung dengan kehadiran puluhan ribu serangga jenis walang sangit ini, sehingga pada akhirnya habitatnya terganggu, biasanya serangga jenis walang sangat ini pindah ke tempat yang tidak ada air.
Hingga kini belum ada upaya dari Pemerintah Kabupten Tolitoli untuk menanggulangi serbuan serangga itu seperti melakukan penyemprotan berupa disinfektan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close