PaluPolitikSULTENGVideo News

RILIS SURVEI POLTRACKING INDONESIA, POPULARITAS & ELEKTABILITAS RUSDY – MA’MUN LEBIH UNGGUL DARI HIDAYAT – BARTHO

Reporter : Asriadi

Palu, swatvnews.id – H-30 Pemiliihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng 2020 sejumlah lembaga survei melakukan penelitian dan tracking kepada sejumlah warga sulawesi tengah di berbagai daerah dalam rangka mengetahui kekuatan elektoraal para calon gubernur dan wakil gubernur sulawesi tengah pada pilkada serentak tahun 2020 ini.

Salah satunya adalah rilis survei yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia yang digelar pada senin 2 november 2020, seperti yang diketahui Lembaga survei Poltracking Indonesia baru saja menyelenggarkan survei pada pada tanggal 20 – 24 Oktober 2020 dengan menggunakan metode stratified multi stage random sampling. Adapun jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.200 rsponden dengan margin of error kurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. Klaster survei ini menjakangkau 13 Kabupaten/kota di seluruh provinsi sulawesi tengah secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilihh terakhir, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.

Adapun tujuan dilaksanakannya survei ini yakni untuk mengukur popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat calon gubernur dan wakill gubernur yang akan memimpin sulawesi tengah periode 2020-2024, membaca peta persebaran suaraa berdasarkan demogarafi dan prefensi politik/kultural pemilih dan mengukur potensi partisipasi dan kemantapan pemilih. Temuan pokok dan analisa hasil survei tersebut diantaranya, berdasarkan pertanyaan dengan simulasis surat suara, maka elektabilitas pasangan Rusdi Masatura – Ma’mun Amir sebesar 56,8%, unggul dari pasangan Mohamad Hidayat Llamakarate – Bartholomeus Tandigala dengan sebesar 25,0%, yang masih merahasiakan jawabannya sebesar 5,5% dan undecided voters sebesar 12,7%. Model pertanyaan dengan responden mencoblos simulasi surat suara mempunyai validasi jawaban lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan dalam iterview survei.

Wwc : Faisal Arief Kamil – tTim Surveii

Temuan ini dalam survei ini merupakan potret terbaru peta kekuatan elektoral masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakli Gubernur Sulawesi Tengah dalam rentang survei tanggal 20-24 Oktober 2020, meski demikian melihat waktu pelaksanaan pilkiadaa sulawesi tengah sekitar satu bulan lagi, kemampuan kandidat dan Para Tim dalam menggarap pemilih yang belum menentukan pilihan dan pemilih yang masih mungkin berubah akan menjadi kunci kemenangnan
Dari palu sulawesi tengah Asriyadi swatvnews melaporkan

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close