KESHLINGTolitoliVideo News

DI TENGAH WABAH COVID-19, WARGA TOLITOLI KINI WASPADAI SERANGAN DBD

Reporter : Satriani

Tolitoli, swatvnews.id – Sejumlah warga di Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah, melakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di musim penghujan dengan menyasar setiap rumah yang rawan berkumpulnya nyamuk aedes aegypty.
Ditengah kekhawatiran penularan COVID -19, warga mulai mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengeu, salah satu contoh yang dilakukan oleh sejumlah warga Di Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan.
Ratusan rumah warga secara swadaya dilakukan pengasapan untuk menghilangkan sarang-sarang nyamuk DBD tersebut.
Potensi berkembangnya nyamuk pembawa DBD tersebut sangat cepat, mengingat curah hujan di daerah ini meningkat secara siginfikan sehingga, akan memberikan peluang besar berkembangnya penyebaran terutama di lingkungan yang terlihat kumuh dan jorok.
Meskipun fogging merupakan salah satu cara pencegahan DBD, namun warga secara sadar terus melakukan gerakan 3 m yakni/ menguras tempat penampungan air yang telah lama tidak digunakan, menutup tempat penampungan air yang menjadi tempat bertelurnya nyamuk, serta mengubur barang atau wadah yang tidak digunakan.
Selain itu, untuk mengantisipasi DBD warga diimbau untuk terus meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan menjadi juru pemantau jentik mandiri di kediamannya masing-masing.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close