Uncategorized

BEREDAR MASIF, BEA CUKAI MUSNAHKAN HASIL SITAAN MIRAS IMPOR DAN ROKOK ILEGAL

Reporter : D. Gomo

PALU,SWATVNEWS.ID – PETUGAS BEA DAN CUKAI DI KOTA PALU,  SULAWESI TENGAH MEMUSNAHKAN SEJUMLAH BARANG BUKTI PENYITAAN SEJAK TAHUN DUA RIBU SEMBILAN BELAS HINGGA DUA RIBU DUA PULUH. BARANG BUKTI TERSEBUT BERUPA MINUMAN KERAS IMPOR DAN LOKAL,  SERTA RIBUAN BATANG ROKOK ILEGAL TANPA PITA CUKAI SEBAGAIMANA MESTINYA. TAHUN DUA RIBU SEMBILAN BELAS, PETUGAS BEA CUKAI TELAH MELAKUKAN TIGA PULUH LIMA KALI PENINDAKAN.SEMENTARA, PADA TAHUN DUA RIBU DUA PULUH TIGA KASUS TELAH MASUK DALAM PENYIDIKAN HINGGA BERSTATUS P21.BARANG BUKTI MIRAS IMPOR DAN LOKAL INI MERUPAKAN HASIL PENGUNGKAPAN PETUGAS BEA CUKAI PALU SEJAK TAHUN DUA RIBU SEMBILAN BELAS HINGGA DUA RIBU DUA PULUH. DALAM PRIODE YANG SAMA PETUGAS JUGA MENYITA HAMPIR DUA JUTA BATANG ROKOK ILEGAL TANPA MEMILIKI PITA CUKAI SEBAGAIMANA MESTINYA.SEBAGAI SALAH SATU INSTITUSI STARTEGIS DI LINGKUNGAN KEMENTRIAN KEUNGAN,  DIREKTORAT JENDRAL BEA DAN CUKAI, KHUSUSNYA DIWILAYAH KOTA PALU SULAWESI TENGAH TERUS MELAKUKAN PENGAWASAN TERHADAP BARANG BARANG ILEGAL.

PADA RABU SIANG, PETUGAS MELAKUKAN PEMUSNAHAN BARANG BUKTI. INI MERUPAKAN HASIL PENINDAKAN SEBANYAK TIGA PULUH LIMA KALI PADA TAHUN LALU. BERUPA ROKOK ILEGAL DAN MIRAS IMPOR DAN LEGAL YANG TIDAK MEMILIKI CUKAI. BARANG BARANG INI TELAH MENDAPAT PERSETUJUAN DARI KEMANTRIAN KEUANGAN UNTUK DIMUSNAHKAN.

DIPERKIRAKAN NILAI BARANG SEBESAR TUJUH RATUS JUTA LEBIH,  DENGAN POTENSI KERUGIAN NEGARANYA SEBESAR DUA RATUS JUTA LEBIH. BARANG BARANG SITAAN TERSUT HASIL PENINDAKAN DARI KIOS KIOS KECIL DI SEJUMLAH WILAYAH DI SULAWESI TENGAH. DIANTARANYA, WILAYAH KABUPATEN DONGGALA PARIGI MOUTONG, KABUPATEN SIGI HINGGA KOTA PALU.

SETIAWAN,KABID PENINDAKAN DAN PENYIDIKAN KANWIL BEA DAN CUKAI

PADA TAHUN INI, TIGA KASUS BARANG ILEGAL TELAH DI PROSES HINGGA TAHAP DUA. PARA PELAKU BARANG ILEGAL TERSEBUT TERANCAM HUKUMAN MAKSIMAL LIMA TAHUN PENJARA. SELAIN MIRAS IMPOR ,LOKAL DAN ROKOK ILEGAL,PETUGAS BEA CUKAI PALU JUGA MENYITA SATU BUAH KAPAL YANG MENGANGKUT BALEPRESS ATAU PAKIAN BEKAS DARI TAWAU,MALAYSIA.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close