MorowaliVideo News

TUNTUT 5 POIN, ALIANSI BURUH MOROWALI DATANGI KANTOR BUPATI MOROWALI

Morowali, swatvnews.id – Puluhan buruh yang mengatasnamakan Aliansi Buruh dan Rakyat Bersatu (ABRB) menggelar aksi unjuk rasa dengan mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja(Disnaker) Kabupaten Morowali dan kantor Bupati Morowali terkait Pemutusan Hubungan Kerja(PHK),yang dilakukan perusahaan dikawasan IMIP Rabu (19/08).

Ketua Serikat Pekerja Industri  Morowali(SPIM) Afdal dalam orasinya mengatakan pihaknya telah melayangkan surat penolakan terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak kepada perusahaan.

Sebelumnya pada tanggal 5 Agustus 2020 Aliansi Buruh dan Rakyat Bersatu menggelar aksi unjukrasa di PT IMIP menuntut kepada Perusahaan untuk mempekerjakan kembali buruh yang dirumahkan akibat pandemi Covid-19 yang sudah menjadi kesepakatan pihak Serikat Buruh,pemerintah dan perusahaan,serta menuntut pemberian cuti karyawan.

Namun tidak mendapat  tanggapan atas tuntutan tersebut,malah para buruh mendapat sanksi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menurut Afdal Aliansi Buruh dan Rakyat Bersatu menuntut 5 point yakni yang pertama hapuskan Mangkir dan Sanksi pada tanggal 5 Agustus 2020 yang lalu dan Upah harus tetap dibayarkan,kedua hentikan Union Busting dikawasan Industri PT.IMIP dan tindak tegas pelaku union busting,yang ketiga Pekerjakan kembali pengurus serikat pekerja/serikat  buruh yang di PHK,yang keempat Tolak peraturan perusahaan yang merugikan buruh dan masukkan struktur dan skala upah dan yang kelima segera realisasikan tuntutan pekerja/buruh pada tanggal 5 Agustus 2020.

Setelah melakukan operasi secara bergantian akhirnya perwakilan buruh diijinkan bertemu dengan Bupati Morowali dengan mengadakan dialog.

Koordinator aksi Afdal menganggap PT IMIP brutal terhadap karyawan masa coma melakukan aksi unjukrasa langsung di PHK sepihak kepada tiga ketua Sarikat buruh ini kan tidak adil namanya.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Bupati Morowali maupun Kepala Dinas Nakertrans Morowali para buruh membubarkan diri dengan tertib dibawah kawalan aparat gabungan TNI Polri dan Satpol PP Pemkab Morowali.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close