MorowaliVideo News

RATUSAN BURUH KARYAWAN PT. IMIP MOROWALI GELAR UNJUK RASA TUNTUT 9 POINT

Reporter : Abd.Harist Haryanto

Morowali, swatvnews.id – Ratusan Buruh yang mengatasnamakan Aliansi Buruh dan Rakyat Bersatu yang didampingi oleh Tiga Sarikat Buruh diantaranya SPIM,FSPNI dan SBSI menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Desa Fatuafia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (05/08/2020).

Sebelumnya pada tanggal 3 Juli 2020 sudah dilakukan pertemuan antara Sarikat Buruh Pemerintah dan Perwakilan Perusahaan,dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bersama, sehingga Bupati Morowali mengeluarkan Surat dengan nomor 560/0713/TND/VII/2020 Perihal Pemanggilan Kembali Tenaga Kerja Pasca Cuti dan yang dirumahkan.

Ada sembilan poin yang menjadi tuntutan buruh yaitu, pekerjakan kembali Buruh yang dirumahkan, berikan hak cuti buruh, stop diskriminasi tenaga kerja lokal, tolak peraturan perusahaan yang akan merugikan buruh.

Selanjutnya hentikan mutasi sepihak, hapuskan Alaturan-aturan siluman, hilangkan 3 shift 3 regu, perbanyak pintu jalur keluar-masuk karyawan untuk meminimalisir kemacetan dan kecelakaan, dan terakhir, tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan penyesuaikan tanggal SKS.

Koordinator Lapangan (Korlap) Afdal meminta agar dilakukan kembali pertemuan baik dengan Pemerintah Daerah, Perusahaan dan para Sarikat Buruh untuk mencapai mufakat.

Ditambahkan Afdal apa bila dalam waktu dua hari tidak ada realisasi maka pihaknya akan melakukan unras kembali dengan masa yang lebih banyak.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close