ParimoVideo News

DITUNTUT MUNDUR DARI JABATANNYA, DPRD PARIMO AKAN PANGGIL BUPATI

Reporter : Ubaydillah

Parimo, swatvnews.id – Ratusan Masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli tuntut pemberhentian Bupati (AMPIBI) Melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rabu kemarin. Aksi unjuk rasa yang digelar tersebut, menuntut Bupati Parigi Moutong undur dari jabatannya.

Dalam aksi demo yang berlangsung sekitar 6 jam tersebut, sejumlah perwakilan yang diberi ruang masuk ke dalam gedung DPRD Parigi Moutong nyaris Ricuh, setelah salah satu anggota DPRD memberikan penjelasan terkait hak interpelasi yang disepakati.

Ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin Budianto menyebutkan  sebagai bentuk tindaklanjut atas permintaan Masyarakat,pihak DPRD secara terbuka mengambil langkah hak interpelasi itu nantinya akan mengundang Bupati untuk menjelaskan tuntutan Masyarakat melalui sidang paripurna,Apakah yang disampaikan memenuhi standar prosedur atau tidak.

Kemudian,dari hak interpelasi yang diambil,DPRD juga akan mengambil kesimpulan dengan melibatkan praktisi hukum, baik pidana, perdata dan tata negara yang akan memberikan telahan, lalu diputuskan oleh DPRD lewat usulan-usulan fraksi.

Sementara itu dari hak interpelasi yang dilakukan DPRD, Bupati wajib menjelaskan pertanyaan terkait kebenaran yang disampaikan Masyarakat. Apabila dalam penjelasan Bupati tidak memenuhi syarat secara hukum dan dari sisi administrasi negara,maka selanjutnya langkah yang diambil DPRD adalah hak angket.Sebab, Hak angket dapat dilakukan ketika interpelasi tidak terpenuhi.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close