TolitoliVideo News

JELANG HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H, PEDAGANG HEWAN QURBAN DI TOLITOLI KELUHKAN SEPINYA PEMBELI

Reporter : Satriani

Tolitoli, swatvnews.id – Jelang hari raya idul adha yang tinggal 2 pekan lagi penjualan hewan kurban untuk jenis sapi masih sepi. Hal tersebut disebabkan lesunya perekonomian di daerah ini akibat dampak pandemi COVID-19.
pengusaha jasa penyedia hewan kurban mengeluhkan sepinya pembeli meski pelaksanaan hari raya Idul Adha yang tinggal tiga pekan kedepan.
Sepinya pembeli dirasakan oleh para penyedia jasa hewan kurban dimana puluhan ekor stok sapi, masih terlihat berjejer memenuhi kandang dalam halaman maupun luar halaman.
Sementara untuk sapi yang dijual untuk dijadikan hewan kurban beraneka ragam mulai dari sapi lokal, sapi bali, serta sapi rambon yang sengaja didatangkan dari Buol dan Gorontalo, dimana kedua daerah tersebut merupakan lumbung sapi yang sering menjadi tujuan untuk utama para penjual hewan di daerah ini,
Rata-rata para penjual sapi menjual harga mulai dari tujuh juta rupiah hingga tujuh belas juta rupiah tergantung berat dan ukuran sapi yang dijadikan hewan kurban oleh para calon pembeli.
Penjualan hewan kurban di daerah ini dipengaruhi faktor ekonomi masyarakat yang begitu lesu, apalagi ditengah pandemi COVID-19, sehingga sangat berdampak pada pembelian sapi untuk dijadikan hewan kurban perayaan idul adha kedepan, sementara untuk instansi pemerintah dan swasta yang biasanya membeli untuk menggunakan kurban, juga tidak sebanyak seperti pada tahun lalu.
Faktor lain yang mempengaruhi daya minat beli masyarakat dikarenakan banyak para penjual hewan kurban dadakan yang menjual harga yang agak murah, sehingga konsumen khususnya byang melakukan kurban lebih memilih membeli sapi dengan harga terjangkau, meskipun kondisi kesehatan hewan kurban di kesampingkan oleh para konsumen.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close