MorowaliSULTENGVideo News

GEMPA 5.0 SR DI MOROWALI : BEBERAPA RUMAH WARGA MENGALAMI RUSAK RINGAN

Reporter : Abd.Haris

Morowali, swatvnews.id – Hari Senin, 16 Juni 2020 gempa tektonik dua kali mengguncang Morowali, Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=4,0 sr dan 5,0 Sr Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,76 LS dan 122,18 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 31 km arah Tenggara Morowali, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.
Guncangan gempabumi ini dirasakan di Morowali dan Bungku IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Malili dan Kurisa II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan ada truk berlalu ).
hasil pantau koresponden morowali, Dilaporkan akibat gempabumi tersebut menyebabkan satu rumah warga di Desa Lalampu Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah mengalami rusak sedang.
Hendrik Leopatti, S.Si – Kepala data dan informasi Kanotr BMKG Sulteng, saat dikonfirmasi swatvnews melalui via whatsapp mengatakan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. meski demikian gemap 5,00 SR tersebut dipastikan tidak berpotensi sunami, Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan oblique turun ( oblique-normal fault ).

Hendrik juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. sehingga masyarkata diharapkan untuk tidak panik dengan adanya gempa tersebut.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close