TolitoliVideo News
Trending

BERSATU LAWAN CORONA, PEMKAB TOLITOLI ANGGARKAN 30 M LAWAN COVID-19

Reporter : Satriani

Tolitoli, swatvnews.id – Pemerintah Kabupaten Tolitoli berencana akan menyiapkan anggaran sebesar 30 miliar rupiah, guna membiayai kegiatan pencegahan dan penanganan corona virus-19.
langkah cepat yang diambil Pemerintah Kabupaten Tolitoli bersama dprd kabupaten tolitoli dalam pencegahan dan penanggulangan COVID 19 dengan mempersiapkan alokasi anggaran sebesar 30 miliar rupiah, dimana anggaran tersebut akan membiayai seluruh item yang diajukan oleh lintas instansi yang tergabung dalam satuan tugas COVID- 19

Rasionalisasi anggaran yang akan diambil oleh Pemerintah Kabupaten Tolitoli dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 di APBD 2020 akan membiayai sejumlah item diantaranya 400 juta rupiah akan digelontorkan untuk  desa, 10 miliar rupiah dialokasikan untuk RSU Mokopido, 1,6 miliar rupiah digunakan untuk operasional bagi  para petugas di 3 pintu perbatasan, bantuan untuk umkm yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 senilai 3 miliar rupiah dana jaminan hidup, logistik 3 miliar rupiah, serta dana tak terduga yang akan proyeksikan sebesar 10 miliar rupiah.

Bupati Tolitoli Moh Saleh Bantilan menjelaskan, pihaknya akan menggunakan anggaran penanggulangan dan penanganan COVID-19 sesuai peruntukkannya sehingga nantinya anggaran tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

Dari anggaran 30 Miliar rupiah tersebut, sejumlah kegiatan rutin Pemkab Tolitoli mulai dari perjalanan dinas pejabat hingga proyek infrastruktur akan dipotong sebesar 30 persen sehingga pencegahan dan penanganan COVID-19 dapat dioptimalkan.
pergeseran anggaran tersebut, sudah mengikuti arahan pemerintah provinsi sulawesi tengah dan juga pemerintah pusat, sehingga diharapkan bisa mencukupi penanganan COVID-19 di Kabupaten Tolitoli.
selain itu biaya yang diperlukan untuk tanggap darurat bencana wabah penyakit COVID-19 tersebut,dibebankan pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close