SigiVideo News

BUPATI SIGI HIMBAU KEPADA OPD KONDISIKAN ANGGARAN UNTUK BANTU PENANGANAN COVID-19

Reporter : Asri

Sigi,Swatvnews.id –  Bupati Sigi Mohamad Irwan mengadakan rapat gugus tugas pencegahan dan penanganan penularan covid-19 tingkat Kabupaten Sigi yang dilakukan melalui teleconference meeting bersama dengan seluruh Kepala OPD dan para Camat Se Kabupaten Sigi,Kamis (2/4),

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi oleh Wakil Bupati Sigi Paulina, Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Kapolres Sigi, Kajari melalui video conference, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Dandim 1306 yang diwakili oleh Perwira Penghubung, dan dihadiri pula oleh Asisten II Bidang ekonomi dan pembangunan, Kepala BKAD Kabupaten Sigi, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi, serta Kadis Kominfo Kabupaten Sigi yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sigi.

Bupati Mohamad Irwan mengatakan dalam rapat tersebut, Pemerintah Daerah telah menghimbau agar dana Desa yang ada di 176 Desa dapat digunakan untuk penanganan covid-19, mulai dari penyemprotan disinfektan, menyiapkan sabun cuci tangan di t empat-tempat umum seperti tempat ibadah, pasar dan sekolah. “Kepada Camat dan Kepala Desa dapat menjadi ujung tombak untuk mengkoordinir dan menyampaikan langsung kepada masyarakat, khususnya kepada para Tenaga Kerja yang baru datang dari luar negeri untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan agar mereka dapat membatasi diri (sosial distance) untuk tidak bepergian/keluar dari rumah, (isolasi mandiri selama 14 hari atau waktu yang ditentukan), dan kepada Dinas Kesehatan beliau berharap agar selalu mengupdate data” harap Bupati.

Selanjutnya dalam rangka penanganan covid- 19, seluruh OPD terkait dan khususnya para tim gugus tugas Kabupaten untuk terus menyampaikan informasi agar informasi menjadi jelas. Pada kesempatan itu, Bupati meluruskan / mengkonfirmasi kembali tentang jumlah ODP yang berjumlah 363, karena sebenarnya itu bukan ODP akan tetapi orang dengan riwayat perjalanan  kota/negara yang terkonfirmasi covid 19, mereka masih dalam pantauan tetapi belum ODP.
untuk diketahui, Di Kabupaten Sigi jumlah ODP 1 orang (dirawat di RS. Madani), PDP 1 orang yaitu Balita yang berumur 3 Tahun (dirawat di RS. Undata), OTG (orang tanpa gejala) 2 orang, dan jumlah keseluruhan orang dengan riwayat perjalanan kota/negara yang terkonfirmasi covid 19 berjumlah 633.
Sementara itu, Wakil Bupati Sigi menyampaikan tentang keresahan masyarakat mengenai orang-orang yang masuk / datang yaitu TKI, TKW, yang dari luar kota. Oleh karena itu, beliau berharap kepada para Camat agar supaya menghimbau kepada Kepala Desa, RT atau bahkan masyarakat untuk memberikan informasi tentang orang-orang yang datang. Harapan beliau agar itu diumumkan di rumah-rumah ibadah agar segera ditangani.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close