ParimoVideo News

IKUTI INSTRUKSI PEMERINTAH DAN MAKLUMAT KAPOLRI, PAWAI OGAH-OGAH DITOLAI DIBATALKAN

Reporter : Aisyah Khumsira

Parimo, swatvnews.id – Sebagai langkah memutus mata rantai pandemi Covid-19, pawai ogoh-ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi 2020 yang rencana terpusat di kawasan pasar Tolai, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong dibatalkan.
Langkah tersebut diambil para Pengompon Pura untuk menghindari terjadinya pengumpulan massa, yang di khawatirkan disusupi para penderita positif covid-19 dari luar daerah.
Pengempon Pura Agung Purnasada Tolai, I Ketut Karya mengaku, rasa kecewa Umat Hindu timbul karena terlanjur mengeluarkan biaya besar untuk merancang patung raksasa ini. Meski begitu, Masyarakat setempat telah menerima kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah dan maklumat Kapolri dengan lapang dada.
Ketut Karya menyebutkan, pengarakan ogoh-ogoh tetap dilaksanakan, namun dikembalikan ke masing-masing banjar untuk dibakar atau disimpan yang dapat dipergunakan tahun depan.

Sementara itu diketahui, pawai ogoh-ogoh merupakan acara tahunan di kawasan kecamatan torue khususnya desa tolai dalam menyambut hari raya nyepi. pawai ini telah menjadi magnet wisata untuk menarik minat kunjungan para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kabupaten parigi moutong, sehingga melibatkan jumlah massa yang datang untuk menyaksikan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close