ParimoVideo News

PELAKSANAAN IBADAH MELASTI DI TOLAI TETAP DIGELAR, JUMLAH UMAT DIBATASI

Reporter : Aisya Humairah

Parimo, swatvnews.id – Meski dalam jumlah umat yang terbatas, ibadah pemelastian Agama Hindu di Wilayah Parigi Moutong tetap dilaksanakan. Pembatasan umat dalam melaksanakan ibadah melasti sudah menjadi keputusan bersama oleh para pengempon pura di Wilayah Parigi Moutong, sebagai wujud pencegahan luasan penyebaran virus corona (Covid-19).
Salah satu pura yang memiliki umat terbanyak di Parigi Moutong yakni Pura Agung Purnasada Tolai, Kecamatan Torue tetap melaksanakan pemelastian. Sedangkan umat lainnya, telah diintruksikan dapat melaksanakan melasti di rumah masing-masing.
Pengempon Pura Agung Purnasada Tolai I Ketut Karya menyebutkan, pemelastian wajib dan tidak bisa ditinggalkan Umat Hindu karena menjadi salah satu ibadah sakral dalam menyambut Hari Raya Nyepi tahun 2020 ini.
Pembatasan umat dalam pelaksanaan ibadah melasti, selain mentaati surat edaran Pemerintah dan maklumat Kapolri, juga sebagai salah satu cara dalam memutuskan mata rantai wabah virus corona di Sulawasi Tengah.

Pantauan di Wilayah Tolai yang mayoritas Umat Hindu Swadarma, tetap melaksanakan aktivitas normal seperti biasanya. Tidak begitu terlihat kecemasan yang ditimbulkan masyarakat atas pandemi Covid-19.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close