TolitoliVideo News

TERSERANG DIARE, 100 BALITA DIRAWAT DI RSUD MOKOPIDO TOLITOLI

mengantisipasi pasien terus bertambah pihak rsu mokopido terpaksa melakukan peminjaman temat tidur sementara milik persoenel brimob.

Tolitoli, swatvnews.id- Jumlah balita yang dirawat di rumah Sakit Umum Mokopido Tolitoli karena menderita diare terus bertambah, dari data yang dikumpulkan oleh pihak rsu mokopido, sebanyak 100 balita dimana sehari sebelumnya hanya berjumlah 30 balita yang dirawat di 3 ruangan berbeda.
Bertambahnya jumlah pasien balita karena diduga faktor lingkungan sekitar tempat bermukim keluarga balita tersebut akibat kurang terjaga kebersihan serta saat ini memasuki musim pancaroba.
Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari lalu, sehingga pasien anak membeludak di rumah sakit tersebut. bahkan, lorong di ruang teratai dan ruang anyelir yang merupakan ruang perawatan anak, terpaksa digunakan oleh pihak rumah sakit setempat untuk menampung pasien dikarenakan ruang perawatan pasien anak penuh.
Untuk mengantisipasi pasien terus bertambah pihak rsu mokopido terpaksa melakukan peminjaman temat tidur sementara milik persoenel brimob.
Kepala bidang pelayanan medis RSU Mokopido Tolitoli Anita T. Isol mengatakan, berdasarkan hasil diagnosa tim medis, diduga adanya kuman e coli yang terdapat pada makanan maupun minuman yang tidak higenis dimana ketika dikonsumsi dapat menyebabkan diare yang tentunya mengurangi kadar cairan dalam tubuh atau dehidrasi.

Pihak RSU Mokopido Tolitoli sendiri belum memberlakukan kasus diare tersebut sebagai kategori kejadian luar biasa meskipun jumlah pasien membeludak. sebab, pasien yang dirawat dari berbagai wilayah Kabupaten Tolitoli, bukan dari satu wilayah yang menjadi endemik.
Selain itu, penyebab kasus diare yang menimpa sebagian besar balita itu diakibatkan daya tahan tubuh yang tak sebanding dengan orang dewasa, sehingga balita sangat rentan menderita penyakit, salah satunya diare.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close