EKOBISTolitoliVideo News

JUMLAH PENCARI KERJA MENINGKAT, LAPANGAN KERJA MINIM

Tolitoli, swatvnews.id – Puluhan lulusan SMA maupun lulusan sarjana, mendatangi Kepolisian Resor Tolitoli guna mengurus surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK/ terkait adanya lowongan kerja pada sebuah perusahaan ritel.
Para pencari kerja yang di dominasi oleh perempuan tersebut rela melakukan antrian panjang meski sedari pagi menunggu untuk mendapatkan kartu sidik jari dan skck sebagai salah satu prasayarat untuk mendaftar di perusahaan ritel yang membutuhkan tenaga kerja berskala besar.

Minimnya lapangan kerja di darerah ini membuktikan tingginya para pencaker untuk mengurus berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh setiap perusahan yang membuka lowongan kerja

Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong naiknya angka pengangguran dimana lulusan sma maupun sarjana menghasilkan ratusan bahkan ribuan orang setiap tahunnya.

Belum lagi persaingan sangat ketat antar sesama pencaker yang tentunya tidak semuanya bisa terserap dikarenakan setiap perusahaan wajib melakukan seleksi secara selektif agar bisa menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan kredibel.

Permasalahan lain yang menjadi problem saat ini sebagian besar para lulusan SMA maupun sarjana bahkan rela banting stir menjadi wirausaha di bidang kuliner namun kendala permodalan justru menjadi penghambat bagi mereka yang ingin berkembang dibisnis ini yang diakibatkan beragam persyaratan yang diminta oleh para bank yang tentunya tidak bisa semuanya dapat dipenuhi.

Hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten tolitoli agar persoalan terkait minimnya lapangan kerja di daerah ini bisa menjadi atensi guna mencari jalan keluar agar tingkat pengangguran dapat ditekan sedini mungkin.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close