ParimoSULTENGVideo News

DPRD PARIMO BAHAS REVISI PERDA RTRW DAN LP2B

Dalam pembahasa, pihak DPUPRP menyebutkan, bahwa Perda RTRW yang ada sebelumnya sudah berlangsung lima tahun

Parimo, swatvnews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melakukan pembahasan revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang diajukan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong.
Dalam pembahasa, pihak DPUPRP menyebutkan, bahwa Perda RTRW yang ada sebelumnya sudah berlangsung lima tahun dan berdasarkan aturan seyogyanya harus dilakukan revisi. Sehingga, Raperda tersebut perlu untuk dilakukan perbaikan sesuai dengan kondisi wilayah Parigi Moutong saat ini.
Dalam Perda Nomor 2 tahun 2011 telah dijelaskan tiga ketentuan untuk melakukan revisi yakni lima tahun sekali. Kemudian, terjadinya perubahan wilayah yang dicontohkan ketika terjadi pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan terjadinya bencana alam.
Kemudian, pada tahun 2016 silam materi teknis dari Raperda tersebut telah selesai disusun. Namun dikarenakan lamanya proses di Badan Informasi Geospasial dan terjadinya bencana alam 28 September 2018 lalu maka perlu dilakukan perubahan.
Perubahan atas Perda RTRW juga dilakukan, karena bencana alam disusul dikeluarkan aturan yang menyatakan harus memasukkan mitigasi bencana. Sedangkan soal kawasan pertambangan mineral, pihak DPUPRP mengakui seperti Kecamatan Moutong, Taopa, Sausu dan Kayuboko semuanya masih dalam proses untuk dimasukkan kedalam Perda RTRW yang akan segera disahkan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close