EDUKASIKESHLINGParimoVideo News

PENANAMAN MANGROVE 2000 POHON DILAKUKAN SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN LINGKUNGAN

Polres Parimo peduli lingkungan

Parimo, swatvnews.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Masyarakat dan aparat Kepolisian melakukan penanaman 2000 bibit pohon mangrove secara serentak di beberapa kawasan pesisir Pantai Teluk Tomini Kabupaten Parigi Moutong, yang rentan terjadinya abrasi.
Penanaman mangrove serentak tahun 2020 ini, yang dibagi ke beberapa Wilayah bertujuan, selain menghijaukan dan mencegah terjadinya erosi dan bergesernya garis pantai, terlebih meningkatkan ekonomi rakyat.
Kapolres Parigi Moutong AKBP Zulham Efendi Lubis menyebutkan, dari data Nasional menunjukan kehilangan mangrove Indonesia dalam kurun waktu sejak tahun 2000 hingga 2014 setara dengan kehilangan sekitar 120 lapangan sepakbola per hari, 6 kali luas Negara Singapura, atau 6,5 kali Jakarta.
Kemudian laju kehilangan hutan mangrove Indonesia dalam kurun waktu 14 tahun tercatat sebagai Negara penyumbang kehilangan hutan mangrove terluas di dunia, yakni 4.364 km2 atau sekitar 311 km2 per tahunnya.

Oleh sebab itu, masyarakat dan nelayan serta aktivis lingkungan diajak untuk dapat menjaga dan melestarikan mangrove, ekosistem laut, pantai yang dapat termanfaatkan sebagai kawasan wisata. Terlebih dapat mencegah terjadinya erosi pesisir pantai.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close