ParimoSULTENGVideo News

PEMBENTUKAN DESA ADAT, DAPAT PERHATIAN KHUSUS DPRD PARIGI MOUTONG

Desa adat yang diusulkan sebanyak 6 Desa

Parimo, swatvnews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendukung penuh pembentukan kawasan Desa adat yang diusulkan sebanyak 6 Desa oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong kepada pihak Kementrian Sosial Republik Indonesia baru-baru ini.
Ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin Budianto menjelaskan, saat konsultasi kepada Pihak Kementerian Sosial, tidak semua desa yang diusulkan masuk dalam kawasan desa adat. Sebab yang layak menjadi desa adat atau yang memenuhi syarat adalah desa yang berpenduduk minimal 2 ribu jiwa. Sehingga, di Kabupaten Parigi Moutong hanya dua desa sangat layak yakni Desa Pebounang dan Ogoalas,Kecamatan Palasa.
Sayutin Budianto secara tegas menginginkan, jika diterima maka pihak DPRD meminta kepada Pemerintah Pusat untuk tidak melihat pada standarisasi penduduk, minimal bisa mengamankan Kedua Desa terpencil tersebut untuk menjadi kawasan desa adat. Sehingga secara langsung bisa diintervensi oleh Pemerintah Daerah, Provinsi, maupun Pemerintah Pusat.

Sayutin Budianto berharap, meski terbentuknya kawasan Desa Adat, fungsi pemerintahan desa tetap berjalan normal, tetapi ada perlakuan-perlakuan khusus bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang diberikan fungsi bagaimana mengembangkan nilai-nilai budaya dan adat istiadat di wilayah tersebut. Sehingga, dalam proses intervensi nantinya akan ada instansi teknis yang ikut dalam membantu proses peningkatan desa adat itu menjadi desa modern.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close