HUKUMParimoVideo News

ILEGAL FISHING DIPERAIRAN TELUK TOMINI, POLISI TANGKAP 3 TERSANGKA

Parimo, swatvnews.id – Tiga pelaku ilegal fishing yang kerap beraksi di perairan Teluk Tomini, Dusun Moian, Desa Taopa, Kecamatan Taopa, disergap Aparat Satuan Kepolisian Air dan Udara (Pol Airud) Polres Parigi Moutong.
Dari penyergapan yang dilakukan pihak Satuan Pol Airud Polres Parigi Moutong, berbagai barang bukti turut disita di antanranya, bom ikan sebanyak empat botol, mesin kompresor, panah serta peralatan selam lainnya sebagai penunjang kelancaran aksi para pelaku.
Kasat Pol Airud Polres Parigi Moutong AKP Sunarto mengungkapkan, adapun tiga pelaku yang diamankan masing-masing berinisial HD berumur (33) tahun, AD (14) tahun dan RK (12) tahun. Modus yang dilakukan, para pelaku menangkap ikan dengan cara memanah untuk mengelabuhi petugas. Namun ketika dilakukan penggeledahan di perahu milik para pelaku, petugas mendapatkan berbagai bahan peladak siap pakai.
AKP Sunarto menyebutkan, pasca penyergapan dua pelaku lain AD dan RK langsung dilimpahkan ke unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Ppa) Reserse Kriminal, dan telah dipulangkan kepada pihak keluarganya. Meski tidak dilakukan penahanan, namun proses hukumnya tetap berjalan. Sedangkan pelaku utama Hd, langsung dilakukan penahanan.

Sementara itu, untuk mempertanggung jawabkan perbuatan terlarang tersebut, para pelaku dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 undang – undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang bahan peledak dan senjata api serta pasal 85 junto pasal 9 undang – undang nomor 45 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close