SigiVideo News

HINDARI BERBAGAI DAMPAK KESEHATAN,RATUSAN PENGUNGSI KEBAKARAN DIRELOKASI

Tolitoli, swatvnews.id – Empat hari pasca kebakaran yang menimpa para warga jalan Bubara Dan Jalan Lumba-Lumba Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli,yang sebelumnya menempati tenda pengungsian di kawasan tanah merah gunung, akhirnya di relokasi ke terminal penumpang pelabuhan dede Tolitoli.
Dengan menggunakan truk milik TNI Angkatan Laut, BPBD Kabupaten Tolitoli Sat Pol PP, serta Polres Tolitoli, ratusan pengungsi beserta barang bawaan yang masih tersisa dari insiden kebakaran, diangkut secara bertahap hingga proses pemindahan selesai.

Pihak BPBD Kabupaten Tolitoli telah mengambil beberapa pertimbangan TERKAIT RELOKASI PARA KORBAN TERSEBUT,, langkah relokasi ini juga mendapat respons positif dari para pengungsi. Upaya pemindahan para korban tersebut untuk menghindari berbagai macam hal terutama masalah kesehatan . Selain itu, keinginan mereka untuk direlokasi karena lokasi huntara sebelumnya digenangi air saat hujan turun, belum lagi tenda yang digunakan banyak yang bocor serta ancaman tanah longsor bisa sewaktu-waktu terjadi jika para pengungsi masih tetap bertahan di lokasi tersebut.

Satu tenda pengungsian dihuni 10 kepala keluarga sehingga para penghuninya merasa tidak nyaman karena pengap. Belum lagi tempat membangun tenda di kaki gunung yang lokasinya berdebu karena material tanah merah. Hal ini sangat berpotensi membuat warga terjangkit infeksi saluran pernapasan atas.

Bahkan tak sedikit pun tempat tidur para pengungsi sebagian besar hanya beralaskan tikar plastik yang terlihat kumuh dan jorok yang tentunya akan berpengaruh pada kualitas tidur

Hal yang paling menonjol akan berdampak kepada para bayi maupun balita, yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit akibat situasi dan kondisi ditenda pengungsian yang sangat jauh dari kata nyaman.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close