EDUKASISULTENG

VIDEO NEWS : APLIKASI-E MENTAL, UNTUK MENDETEKSI TINGKAT BEBAN KERJA ANGGOTA POLRI

Biro Sdm Polda Sulteng

Swatvnews.id – Bagian psikologi biro SDM Polda Sulteng terapkan aplikasi terbaru berbasis android yang digunakan untuk mengetahui tingkat stress para personil kepolisian di wilayah kesatuan polda Sulawesi tengah, aplikasi ini merupakan aplikasi yang baru diluncurkan dan diterapkan oleh kepolisian republic Indonesia kepada seluruh anggota personil kepolisian.
Aplikasi e-mental ini tidak hanya dapat mengukur tingkat stress seorang anggota keplisian namun juga dapat mengetahui psikologi mental secara keseluruhan, diantaranya mengukur tingkat kejenuhan, emosi, bahkan kejiwaan seseorang, terkhusus bagi para anggota kepolisan yang setiap harinya dihadapkan dengan permaslahan-permasalahan yang ada di lapangan, yang tentu saja hal itu sewakyu-waktu dapat mempengaruhi tingkat mental dan kejiwaan seorang aggota polisi.
Wwc : kabag psikologi biro SDM Polda Sulteng
Adapun Penerpan aplikasi ini yakni melalui HP Android setiap anggota kepolisian dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi e-mental tersebut melalui play store, atau link yang telah ditentukan. Kemudian setiap anggota kepolisan terlebih dahulu akan login dan mengisi biodata, lalu selanjutnya mengisi form yang akan dimuculkan oleh aplikasi tersebut. Nah, melalui aplikasi inilah nantinya secara otomatis akan terimput dan terbaca oleh system kemudian akan dimunculkanlah penilaian atas tingkat psikologi dan mental seorang anggota kepolisian tersebut.
Wwc : kabag psikologi biro SDM Polda Sulteng
Uji coba aplikasi ini sementara diterapkan kepada 50 personil kepolisian dari polda dan polres jajaran di Sulawesi tengah, selanjutnya akan diterapkan keseluruh anggota personil kepolisian yang lain. Dari proses penilaian aplikasi e-mental tersebut nantinya akan muncul beberapa jawaban atau penilaian atas kondisi mental seseorang yakni rendah , sedang, atau tinggi “dari hasil itu selanjutnya aka nada saran-saran yang akan diberkikan dari aplikasi tersebut, misalnya, “pertahankan kondisi psikologis Anda saat ini” Anda disarankan untuk konseling, dan Anda wajib mengikuti konseling. Darisinilah nantinya akan diketahui seberapa tinggi tingkat mental seoarang anggota kepolisian, dan selanjutnya bila angota polisi yang mendapatkan penilaian mental kategori sedang dan tinggi, kemudian disinilah peran dari bagian biro psikologi SDM Polda sulteng untuk melakukan konseling terhadap para anggota kepolisan tersebut
Dari pemberian konseling yang dilakukan inilah diharapkan dapt memberikan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan-permasalahan dalam kedinasan atau kondidi keseharian, dengan kondisi personil yang baik, tentunya akan memberikan kontribusi yang baik terhadap tugas-tugas kedinasan di lapngan(Dy-Swatvnews.id)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close