Palu

Polda Sulteng Naik Tipe A

Gambar Kantor Polda Sulteng yang terletak dijalan Soekarna -Hatta Palu sebelum direnovasi akibat gempat 28 September 2018 

Palu,Swatvnews.id – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi menjadi Tipe A, hal ini tertuang dalam surat dari Markas Besar Kepolisian Nagara Republik Indonesia (Mabes Polri) yang ditanda tangani oleh Asrena Kapolri Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso,SH.MH, Selasa(15/10/2019)

Peningkatan dari tipe B ke tipe A tersebut berdasarkan keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Kep/1965/X/2019, Tanggal 14 Oktober 2019, tentang perubahan tipe Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dari Kepolisian Daerah Tipe B menjadi Kepolisian Daerah Tipe A.
Seiring peningkatan status tipe tersebut, susunan organisasi dan tata kerja Polda akan mengalami penyesuaian dengan tetap berpedoman dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018, seperti penyusunan perencanaan penyesuaian anggaran, sarana prasarana dan penambahan kekuatan personel yang dilakukan secara bertahap.
Peningkatan tipe Polda Sulteng menjadi Tipe A tidak terlepas dari pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Republik Indonesia dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur tentunya secara otomatis Provinsi Sulawesi Tengah menjadi penyangga IKN, maka sudah seharusnya Polda Sulteng dipimpin perwira tinggi (Pati) berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).
Usulan peningkatan tipe Polda Sulteng tersebut sudah dilakukan sejak lama, hal itu dilakukan dengan pertimbangan adanya peningkatan beban kerja, penguatan organisasi dan peningkatan dukungan Sumber Daya Manusia Polri.
Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto, S.IK mengatakan peningkatan tipe Polda Sulteng dari tipe B menjadi tipe A menunjukan Polda Sulteng dan jajaran telah meningkatkan kualitas pelayanannya.
“Kita bersyukur dengan peningkatan Polda Sulteng menjadi Tipe A, hal ini menunjukan Polda Sulteng dan jajaran telah meningkatkan kualitas pelayanan yang didukung dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan penerapan transparansi dan akuntabilitas unit kerja dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” ujarnya disela-sela kunjungan kerja Kapolda Sulteng, Selasa (15/10/2019) pagi, di Poso,(Dy-Swatvnews.id)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close