18+SULTENG

10 Zona di Indonesia Aktif, Salah Satunya di Sulteng

Hendrik Kepala Bagian Data dan Informasi BMKG kelas 1 Palu saat memberikan keterangan pada awak media,Minggu 04/08/2019(foto-Swatvnews.id)

Palu, Swatvnews.id – Sepuluh Daerah di Indonesia diduga terdapat Zona aktif, salah satunya zona yang ada di Sulawesi Tengah, yaitu sesar Palu Koro dan Matano,Minggu 04/08/2017

Aktifnya Zona tersebut diakibatkan naiknya naiknya sesar di sisi barat Pantai Barat tepatnya di Tonggolobibi dan Utara Toli Toli serta buol yang merupakan zona subduksi penyebab zona aktif.

Kepala Bagian Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi da Geofisika Palu, mengungkapkan Sementara disisi lain sesar Palolo mengalami penurunan berbeda dengan sesar Matano dan Palu Koro.

Hasil tersebut, di peroleh dengan adanya beberapa alat sensor dan pendeteksi yang terdapat di Sulawesi Tengah.

“Pendeteksi gempa dan pengawas aktifitas sesar yang ada di Sulteng, saat ini sebanyak 9 sensor yang terbagi di beberapa lokasi,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, beberapa lokasi tempat peletakan 9 sensor tersebut yaitu, Luwuk 1 alat, Toli Toli 1 alat, Pantai Barat 1, Ampana 1, Kota Palu 1 dan Labuan Donggala 1 serta 3 lainnya berada di Kabupaten Sigi, seperti Baluase, Kulawi dan Pombewe.

“dua diantara sembilan sensor tersebut sudah tidak aktif karena di Kulawi rusak akibat Gempa 2018 dan di Pombewe di curi pada Juli 2019,” ujarnya.

Kami telah melakukan edukasi kepada masyarakat terkait alat alat pendeteksi atau sensor tersebut, agar masyarakat dapat mengetahui, apakah beberapa sesar di Sulteng aktif atau tidak, namun saat ini kata Hendrik masih terbatas, kedepannya baru akan di tingkatkan.

Selain naiknya beberapa sesar di sisi barat kata Hendrik, penyebab lain aktifnya Zona tersebut, diakibatkan aktivitas pergerakan lempeng, utamanya di dalam lempeng benua kecuali untuk gempa dizona subduksi utara Sulawesi.

“karena zona subduksi Utara Sulawesi, merupakan pertemuan dua lempeng antara lempeng benua dan lempeng samudera,” tutupnya.(swatvnews.id/07)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close