Sosok

Menjadi Yang Terpercaya Dengan Peningkatan Profesionalisme dan Modern

edisi Khusus Hut Bhayangkara ke-73 Tahun 2019

Kapolri Jendral Prof.M.Muhammad Tito Karnavian,Ph.D

Palu, Swatvnews.id – Kinerja Polri dibawah kepemimpinan Jendral Polisi Tito Karnavian banyak melakukan bernagai terobosan termasuk perunahan mendasar sehingha institusi Polri saat ini menjadi lebih baik, selasa(18/06/2019)

meski dibidang pelayanan publik dan penanganan konflik Polri sukses mengantarkan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi sebuah pesta demokrasi yang berlangsung aman dan tertib.Polri juga sukses mengamankan perhelatan Asian Games dan menekan tindak pidana terorisme hingga peristiwa-peristiwa teror jauh berkurang.tapi apakah capaian-capaian itu memuaskan Kapolri?

tentu saja tidak,banyak hal tetap masih menjadi pekerjaan rumah.untuk mengetahui apa yang menjadi fokus perhatian untuk dikerjakan, berikut wawancara M Yasin dengan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian

Pak Kqpolri mempunyai konsep bahwa Polri itu haris profesional,modern dan terpercaya.bagaimana merumuskanya,filosofi dan harapanya?
saya melihat bahwa Polri saat ini berada di era yang berbeda dengan orde baru. kita sekarang berada di zaman demokrasi yang artinya kekuasaan ada di tanhan rakyat.ini berbeda dengan sistem yang lain seperti otokrasi,oligarki atau teokrasi. saya melihat era demokrasi saat ini sudah sangat terbuka makanya kekuasaan tertinggi adalah rakyat.
Karena kekuasaan ada di tanhan rakyat maka semia elemen bangsa di negara demokrasi harus bisa mendapatkan kepercayaan publik,harus mendapatkan legitimasi dukungan dari publik,kalau rakyat sudah percaua maka menjalankan tugas atau mandat menjadi lancar.
perubahan ini juga harus disikapi Polri agar dapat meninglatkan kepercayaan publik.caranya bagaimana? saya melihat di awal tahun 2016,Polri termasuk tiga lembaga yang kepercayaan rendah. ini berbahaya, kenapa? karena akan berdampak pada reaksi masyarakat.misalnya akan ada tuntutan bagaimana mengurangi kewenagan Polri,merubah struktur orhanisasi dan lain sebagainya.oleh karena itu saya berusaha menggenjot kepercayaan publik ini melalui konsep yang saya sebut Promoter. membangun institusi yang terpercaya melalui peningkatan Profesionalisme dan medernisasi.

yang menjadi prioritas utama saya bagaimana merubah kultur khususnya perilaku Anggota karena ini juga menjadi perhatian serius publik.
mengubah kultur dan perilaku Polri apakah prioritas utama juga?
ini juga menjadi prioritas utama saya bagaimana merubah kultur khususnya perilaku anggota karena ini juga menjadi perhatian serius publik.kemudian.menekan budaya arogansi.jangan mentang-mentang Polisi punya Pawer mau berbuat seenaknya.ini semua harus diubah. Polisi harus menjadi sosom yang humanis,melayani dan dekat dengan publik.
terakhir bagaimana memanege media sebab 450.000 personil itu mempunyai perilaku dan watak bermacam-macam.apalagi ratusan anggota itu tidak semua muncuk kepublik tapi ada juga dimunculkan di media dan itu selalu diulang-ulang seolah olah menjadi representasi dan menggeneralisasi Polri secara keseluruhan. bersambung…..

Bagaimana Stategi meningkatkan Kepercayaan Publik…..(ys,Swatvnews.id)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close