Palu

Tekan Inflasi Jelang Idul Fitri, Disperindag Sulteng Gelar Pasar Murah

Kadis Perindag Sulteng Arif Latjuba Saat di Konfirmasi mengenai pasar murah yang akan di gelar pada 22 Mei mendatang, Photo Swatvnews/2019

Palu, Swatvnews.id – Untuk menekan terjadinya inflasi jelangHaei Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali menggelar kegiatan pasar murah.

Kegiatan pasar murah ini di gelar selama dua hari terhitung sejak tanggal 22 Mei hingha 23 Mei, bertempat di Lapangan Vatulemo, Jalan Mohamad Yamin Kota Palu.

“Pelaksanaan pasar murah ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk menekan inflasi menjelang peryanaan hari raya idul fitri. Dan dalam kegiatan ini kami juga berkolaborasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID),” kata Kepala Disperindag Sulteng, Moh. Arif Latjuba saat dihungungi, Senin (20/5).

Menurutnya, dalam pasar murah, pihaknya melibatkan 10 distributor diantaranya Perum Bulog, PT Perusahan Perdagangan Indonesia, Hiswana Migas, Pertamina, Hypermart, Alfamidi, Carefour dan beberapa UKM serta UMKM.

“Karena sebelum di laksanakan pasar murah harga di pasar seperti bawang merah dan bawang putih sempat mengalami kenaikan harga saat awal puasa,” ucapnya

Terkait dengan stok sembako di bulan puasa, Arif mengatakan, pihaknya sudah meminta para distributor barang kebutuhan pokok di daerah ini untuk meningkatkan stok dari biasanya.

“Hal ini dimaksudkan agar persediaan sembako selama bulan puasa dalam keadaan cukup, sehingga harga di pasaran tidak mengalami kenaikan secara berlebihan dari biasanya,” ungakpanya

Dengan demikian, kata Arif masyarakat kurang mampu bisa membeli barang kebutuhan pokok sehari-hari sesuai kebutuhan untuk persiapan menghadapi perayaan Idul Fitri.

“Kalau stok sembako di tangan pedagang cukup banyak, maka masyarakat kurang mampu tetap dapat memenuhi kebutuhannya,” ujarnya.

Sementara itu, dalam setiap kegiatan pasar murah Disperindag Sulteng menargetkan omset pendapatan kurang lebih sekitar Rp.250 hingga Rp400 juta.

“Pasar murah yang nanti diadakan di Lapangan Vatulemo. Kami berharap melewati target yang didapat sebelumnya,” tuturnya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close