SULTENG

Hilang Belasan Tahun, Batu Arca Megalitik ditemukan dan dikembalikan ke Titik Kordinat

Arca Meboku di Situs Parawali, Desa Rompo, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, akhirnya bisa dikembalikan ke titik koordinat semula pada tanggal 25 April 2019.

Juru pemelihara dan pengaman melakukan proses pemindahan batu arca Meboku di situs parawali 

Palu, Swatvnews.id – Setelah dicuri sejak tanggal 17 Agustus 2006, Arca Meboku di Situs Parawali, Desa Rompo, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, akhirnya bisa dikembalikan ke titik koordinat semula pada tanggal 25 April 2019.

Hal ini diketuhui, setelah Press Konfrens Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Ma’mun di sekretariat Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu, Jumat (03/05/19) Sore.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’mun selaku Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sulteng mengungkapkan, Seluruh proses penemuan dan pengembalian serta pengembalian arca tersebut ke tempat semula, dilakukan oleh Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah dibantu oleh BPCB Gorontalo, Arkeolog, dan Juru Pelihara Situs.

“Dalam hal penemuan dan.oengembalian itu, saya sendiri yang langsung memimpin Tim tersebut,” ucapnya.

Dia menambahkan, menurut informasi dan keterangan yang kami terima dari juru pelihara batu megalitik itu, bahwa kasus pencurian tersebut di sinyalir ada keterlibatan aparat, karena dilakukan pada puncak upacara HUT RI 17 Agustus 2006 yang pada saat itu, keadaan dalam keadaan sangat sepi.

“Hal tersebut, diperkirakan telah direncanakan oleh beberapa oknum yang tak bertanggung jawab dan hanya memikirkan uang semata,” katanya.

Yang mana di ketahui bahwa harga dari batu megalitik, yang sudah memiliki umur ribuan tahun itu, sekita 800 juta Rupiah dan memiliki berat sekitar dua ton.

Dalam Press Konpres itu, Ma’mun juga mengungkapkan bahwa kami dari pihak dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi memiliki hak untuk melindungi, memelihara dan mengamankan.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini terulang kembali, kami telah mengantisipasi hal itu dengan berkordinasi antara para juru pelihara dan para pengaman, untuk lebih memperketat penjagaan dan pemeliharaan batu megalitik tertua itu.
(Sugi/swatvnews.id//2019).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close