SULTENG

Kelangkaan BBM dan Gas Elpiji 3 Kg. atas saran Kapolda,Gubernur Perintahkan Evaluasi dan penindakan.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, Memimpin Rapat Forkopimda Propinsi Sulawesi Tengah .

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola,MSi saat Mendengarkan Laporan dan Informasi dari Kapolda Sulteng,Senin,29/04/19.(Foto,humasprovsulteng-Swatvnews.id-2019)

Palu, Swatvnews.id – Rapat Forkopimda di hadiri Ketua DPRD Propinsi Sulawesi Tengah, Kapolda , Sekda Propinsi, Unsur Forkopimda ,  Asisten II dan OPD Terkait.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. menyampaikan bahwa Agenda Rapat Forkopimda saat ini diperluas Antara lain :

1. Mencermati Peringatan hari Buruh , 1 Mei atau May Day .

2. Perkembangan Laporan Pemilu Tahun 2019.

3. Mengantisipasi harga sembilan bahan pokok menjelang Ramadhan 1440 H.

4. Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah Pada Masa Rehabilitasi dan Rekontruksi.

Pada Kesempatan itu Gubernur Sulawesi Tengah Mendengarkan Laporan Kepala Dinas Nakertrans dan Informasi dari Kapolda bahwa Kegiatan Hari Buruh atau May Day diperingati Asosiasi Buruh Sulawesi Tengah dengan kegiatan kegiatan dialogis , sosial , seperti acara Zikir Akbar, acara dialog dan orasi dari serikat buruh dan ramah tamah, dan pada acara rapat tersebut Gubernur mendatangani UMS Kabupaten Morowali Tahun 2019.

Selanjutnya Gubernur selaku Pimpinan rapat mendengarkan laporan pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 dari Ketua KPU dan Ketua Bawaslu dan dari hasil laporan pelaksanaan Pemilihan umum di Wilayah Propinsi Sulawesi Tengah dapat berjalan dengan baik dan terdapat 69 TPS yang di lakukan PSU yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota Palu dan 6 TPS PSL terdapat pada 3 Kabupaten , dan Tahapan Rekapitulasi suara saat ini sudah pada tingkat Kecamatan tetapi ada 4 Kabupaten yang sudah melakukan rekapitulasi di tingkat Kabupaten , Kab. Buol, Banggai, Parigi Moutong dan Korut dan Rekapitulasi Perhitungan Suara pada tingkat propinsi akan dilakukan pada tanggal 3 Mei dan dari sisi Pelanggaran Pemilu yang disampaikan ketua Bawaslu terdapat 534 Kasus , dan dari pelanggaran tersebut terdapat 436 Kasus pelanggaran Administratip. hanya 6 Kasus Pidana Pemilu.

dan Untuk penyelenggara Pemilu yang meninggal hanya 1 Orang dan sakit 84 Orang .

Gubernur Sulawesi Tengah setelah mendengarkan laporan dari Ketua KPU dan Bawaslu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Pemilu Tahun 2019 di Propinsi Sulawesi Tengah dengan baik Aman dan  Lancar .

Selanjut Untuk Agenda Rapat III , adalah Kenaikan harga harga bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan 1440 H. dari laporan Asisten II dan Kepala Bulog , bahwa ada kenaikan harga yang terjadi pada Bawang Putih,  Bawang Merah dan cabai, tetapi saat ini sudah dilakukan pengiriman barang untuk mengantisipasi kenaikan harga tersebut selanjutnya untuk Stok Beras di Bulog sangat aman cukup untuk 4,2 Bulan Kedepan demikian juga untuk Minyak Goreng, Gula dan Daging Stoknya sangat memadai dan aman untuk kebutuhan menjelang Bulan Suci Ramadhan , dan selanjutnya Pemerintah Daerah dan Bulog akan melakukan Operasi Pasar .

Khusus tentang kelangkaan BBM dan Gas Elpiji 3 Kg. Gubernur atas saran Kapolda menugaskan Asisten II dan Dirkrimsus Polda untuk melakukan Evaluasi kenapa hal tersebut bisa terjadi dan kalau ada pelanggaran supaya dilakukan penindakan.

Selanjutnya Untuk Kegiatan Percepatan Pemulihan Dampak Bencana Sulawesi Tengah dilaporkan Kadis Sosial dan Kepala BPBD Propinsi Sulawesi Tengah , antara lain , bahwa penyaluran dana santunan Duka untuk tahap pertama sebanyak 1906 sementara berjalan pada Bank yang ditunjuk dan Verifikasi tahap II sudah dilaksanakan dan untuk Jadup sudah diusulkan sesuai SK walikota dan Bupati Sigi dan Donggala, selanjutnya untuk Dana Stimulan Tahap I dananya sudah tersedia pada BPBD Kabupaten dan Kota Palu Terdampak tetapi Penyalurannya menunggu Juklak dan Juknis,

Untuk Penanggulangan Bencana Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si , menegaskan kepada OPD terkait agar pada masa Rehabilitasi dan Rekontruksi dapat melakukan kegiatan pembangunan Infrastruktur dan kepada BPBD dan Dinas Sosial agar terus mempercepat dapat menyalurkan Dana Stimulan, Dana Santunan Duka dan Jadup, selanjutnya untuk menangani bencana baru yang terjadi di Kabupaten Sigi.(ys-Swatvnews.id-2019)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close