Touna

Luar Biasa, 7 TPS di Ulubongka Kabupaten Touna ditempuh 24 Jam Jalan Kaki

kerja ekstra keras dari Polda Sulteng dan Polres jajaran untuk mengamankan setiap TPS

Personil Polda Sulteng bersama masyarakat dalam perjalanan menuju TPS terpencil di Kab. Tojo una-una

Touna, Swatvnews.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk kesekian kalinya diberikan kepercayaan oleh Negara untuk mengawal dan mengamankan pagelaran pesta Demokrasi, Seperti Pemilihan Kepala Daerah Serentak.

Saat ini Pemilihan anggota Legislatif, anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) dan Pemilihan Presiden / Wakil Presiden 2019 yang untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, Pemilu dilaksanakan secara serentak yang telah dilaksanakan Pemungutan suaranya padatanggal 17 April 2019 beberapa waktu lalu.

Dalam tahapan Pemilihan Umum yang paling krusial adalah saat dimana dilaksanakannya Pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara ( TPS ), karena di TPS inilah hak Konstitusi Warga Negara untuk memberikan suaranya atau hak pilihnya dilindungi oleh Undang Undang.

Kondisi Geografi di Provinsi Sulawesi Tengah sangat beragam, dataran, perbukitan, pegunungan, sungai, laut dan danau, hal inilah yang menuntut kerja ekstra keras dari Polda Sulteng dan Polres jajaran untuk mengamankan setiap TPS dengan mempelajari potensi kerawanan yang bakal terjadi pada saat pelaksanaan pemungutan suara itu sendiri, dimana Kepolisian dalam pengamanannya dibantu dari unsur TNI dan linmas.

Seperti yang terjadi diwilayah Hukum Polres Tojo Una Una terdapat 7 (tujuh) TPS termasuk Kategori daerah terpencil yaitu TPS di Desa Kasiala Kecamatan Ulubongka dimana TPS-TPS tersebut ditempuh oleh Personil yang melaksanakan pengamanan TPS dengan jarak tempuh 4 jam menggunakan perahu masyarakat yang menjadi satu-satunya alat transportasi guna menyusuri derasnya arus sungai Ulubongka yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni dan mendaki pegunungan, jalan setapak yang dikelilingi sebagian besar semak belukar, menyeberangi sungai dengan jarak tempuh kurang lebih selama 24 Jam menuju desa Kasiala yang memiliki 7 TPS yang tersebar dibeberapa titik guna mengakomodir masyarakat yang sebagian besar bercocok tanam atau berkebun, dimana antara rumah satu dengan rumah yang lain saling berjauhan.

Jumlah Warga yang memiliki hak pilih di Desa Kasiala kurang lebih 1303 Orang yang terbagi dalam 7 TPS, walaupun jumlahnya tidak seperti TPS TPS lain di wilayah yang mudah terjangkau atau di perkotaan, Kepolisian tidak ingin kecolongan sehingga untuk mengamankan pelaksanaan Pemungutan Suara di Desa Kasiala itu, Polres Tojo Una Una menempatkan enam personil Polres Tojo Una Una yang dipimpin Ipda James Sapetu sekaligus melaksanakan Pengamanan di TPS 1 dan TPS 2, Bripka Reymon Lusman pengamanan TPS 3, Bripka Safwan Saleh TPS 4, Brigadir Polisi Triyono TPS 5, Brigadir Polisi Risman TPS 6 dan Brigadir Polisi Idil TPS 7.

Kabidhumas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto menjelaskan Personil Pam TPS di Desa Kasiala mulai ke TPS yaitu H-2 atau tgl 15 April, Alhamdullilah 6 (enam) personil Polsek Ulubongka dibantu Polres Touna yang telah melaksanakan pengamanan TPS di Desa Kasiala sudah tiba di PPK Kecamatan Ulubongka pada hari Minggu sore tanggal 21 April 2019.

“berdasarkan laporan mereka pelaksanaan tahap Pemungutan suara berjalan aman dan lancar di Desa Kasiala,” katanya.

Dirinya mewakili pimpinan Polda Sulteng, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil yang telah mendedikasikan tugas dan tanggung jawabnya dalam Pengamanan TPS dimanapun ditempatkan termasuk di TPS daerah terpencil.

“Kami yakin tugas yang diberikan sangat menguras tenaga, pikiran dan anggaran terlebih di TPS TPS terpencil, hal ini akan terbayar apabila tugas yang dilaksanakan berjalan aman dan lancar,” tegas. mantan Kapolres Kolaka ini.
(Sugi/swatvnews.id/2019).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close