SULTENG

Pawai Karnaval Budaya, Meriahkan HUT Sulteng ke 55

Sulawesi Tengah

Palu, Swatvnews.id – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Tengah yang ke 55 tahun, Pemerintah Daerah Sulteng menggelar Karnaval Budaya, Selasa (09/04/19) Sore.

Kegiatan yang mengambil Tema “Sulteng Bangkit dan Kuat” itu, di buka oleh Sekretaris Daerah Sulteng, Dr. H. Mohammad Hidayat Lamakarate, yang mana kegiatan itu diikuti para siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Palu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tengah, Irwan Lahace mengatakan. kegiatan Karnaval Budaya ini, merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap event HUT Provinsi Sulteng, dengan menampilkan aneka ragam Seni Budaya, dalam bentuk arak arakan atau pawai yang didukung oleh seniman seniman potensial dari seluruh Kabupaten Kota se Sulteng.

“Tidak hanya itu, paguyuban kerukunan etnis sanggar dan juga pelajar mahasiswa se Kota Palu juga ikut serta meramaikan kegiatan ini,” katanya.

Dia menambahkan, mengapa tema pelaksanaan karnaval ini adalah budaya, karena budaya diharapkan mampu menjadi media persatuan dan kesatuan bangsa serta memotivasi semangat keragaman budaya di kalangan genarasi penerus bangsa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Dr. H. Mohammad Hidayat Lamakarate mewakili Gubernur, mengungkapkan atas nama Pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, sangat mengapresiasi dan berterima kasih yang sedalamnya dalamnya pada jajaran dari taman Budaya dan Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi tengah yang secara rutin terus menginisiasikan kegiatan ini dalam rangka mengembangkan kreativitas dan inovasi insan pelaku seni budaya di Sulteng.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat lebih memacu aktualisasi diri para pelaku pekerja Seni Budaya untuk memiliki mental kompetitif dalam melahirkan karya karya yang membanggakan bagi diri sendiri maupun Pemerintah,” Ucapnya.

Dia juga menambahkan, bahwa Provinsi Sulawesi Tengah ini, memiliki warna warni keragaman yang menjadi aset kekayaan suasana kebinekaan yang ada di daerah ini yang di dalamnya terkandung nilai nilai yang tumbuh berkembang sebagai penambah keindahan Daerah.

Lebih lanjut ia menjelaskan, oleh karena itu kami menyadari betul bahwa kita sebagai warga Sulteng, harus memelihara dan menjaga keindahan alam serta budaya kita.

“Hal itu, memang tidak mudah karena ancaman yang tampak nyata sekarang ini kita rasakan, dengan derasnya budaya asing hingga membuat minimnya apresiasi dan minat informasi pengembangan,” ujarnya.

Untuk itu, saya menghimbau kita semua pada khususnya pemerintah Kabupaten Kota untuk lebih serius memperhatikan dan menggali serta mengembangkan budaya tradisi yang ada di Wilayah masing masing.

Terbukti dengan adanya informasi, bahwa Kabupaten Morowali Utara menjadi salah satu daerah di Sulteng yang akan diutus menjadi wakil Provinsi guna mengikuti Pawai Budaya Nusantara di ibu Kota Jakarta.

Saya berharap, semoga Kabupaten yang telah dipercaya mewakili Daerah Sulawesi Tengah ke Ajang Nasional, Serius dalam menunjukkan kreativitas dan inovasinya, agar budaya dan keragaman hayati yang ada di Sulteng lebih di kenal lagi tidak hanya di Indonesia tetapi Dunia.
(Sugi/swatvnews.id/2019).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close