Sigi

Enam Bulan Pasca Bencana PaSiGala, Warga Simoro Belum Mendapat Huntara

Kabupaten Sigi

Salah satu warga yang rumahnya rata dengan tana, simoro,28/03/2019

Palu, Swatvnews.id – Enam bulan pasca bencana yang melanda, Sulawesi tengah, Warga Desa Simoro dan Sibalaya, Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi, mengaku belum mendapatkan serta merasakan Hunian sementara yang dijanjikan pemerintah.

Desa Simoro dan Sibalaya, merupakan Dua tempat yang sangat merasakan dampak dari bencana 28 September 2018 silam, dari beberapa desa yang di Landa bencana di Kabupaten Sigi, Desa yang terletak di Kecamatan Tanambulava itu, tidak hanya di Landa gempa tetapi juga Likuifaksi.

Salah seorang warga Desa Simoro Hayani, yang rumahnya rata dengan tanah mengaku, bahwa desa mereka belum pernah mendapatkan Hunian sementara, dari beberapa desa yang terdampak bencana di kabupaten sigi.

“Kami pernah akan dibuatkan huntara di lapangan sepak bola desa Simoro, namun karangtaruna desa kami tidak mengizinkan pemerintah untuk membangun Huntara di tempat itu,” ucapnya.

Dia juga menambahkan, kami tidak merasa keberatan tapi kami berharap agar pemerintah memperhatikan kami sebagai warga kabupaten Sigi, kami juga masih menunggu waktu pencairan dana bantuan duka serta sana stimulan untuk pembangunan rumah kami kembali.

Sementara itu, Sekretaris Desa Simoro Ilham, mengatakan kami hanya meminta agar pemerintah lebih memperhatikan warga kami khusunya warga kecamatan Tanambulava ini, agar bisa secepatnya mendapatkan Dana Stimulan yang di janjikan pemerintah.

“Hingga saat ini dana tersebut belum kunjung di berikan, padahal warga kami sudah tidak mendapat huntara, dana stimulan masih juga terealisasi hingga saat ini,” katanya.

Dia berharap, agar pemerintah segera merealisasikan bantuan tersebut, agar para masyarakat yang rumahnya rata dengan tanah dapat kembali membangun tempat tinggal yang lebih layak.

Warga Simoro yang terdampak bencana tersebut, Kurang lebih 189 warga masyarakat yang mana setengan dari hasil itu, kehilangan tempat tinggal dan hanya membangun pondok untuk tempat tinggal dan berteduh.
(Sugi/swatvnews.id//2019).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close