Palu

Pengendara Berusaha Kabur saat di Razia Oleh Polisi

Polisi mengamankan beberapa kendaraan saat razia

Palu, swatvnews.id – Giat Operasi Rutin Polisi yang dilaksanakan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Selatan, Sabtu (23/3) Malam, diwarnai aksi nekat para pengendara.

Mereka berusaha kabur dari razia, dan pemeriksaan polisi. Bahkan, tidak sedikit yang sampai membahayakan diri sendiri, petugas dan Pengendara lainnya.

Fenomena ketakutan pengendara itu bak upaya seekor mangsa menghindar dari predator pemburu. Menikung tajam dan langsung melawan arah, juga asal tancap gas asal selamat.

Penyebab adanya fenomena ketakutan tersebut, bukan tidak lain disebabkan oleh tidak siapnya prinsip trisiap. Pertama, siap fisik dan stamina, artinya tidak boleh capek, ngantuk, terpengaruh alkohol atau bahkan narkotika.

Kedua, siap kendaraan, baik kelayakan kendaraan dan surat-surat. Sedangkan Ketiga, siap mematuhi perundang-undangan di Indonesia terkait tertib berkendara.

Dalam penjelasannya, Kapolsek Palu Selatan AKP Awaluddin, mengatakan, razia tersebut dilakukan karena untuk mengantisipasi kasus curanmor yang akhir – akhir ini banyak meresahkan masyarakat Kota Palu.

“ada juga Jambret, sajam, miras dan narkoba turut menjadi perhatian kita dalam operasi kali ini selain dari kendaraan yang sama sekali tidak memiliki surat – surat,” Ujar AKP Awaluddin, kepada sejumlah wartawan usai memimpin langsung Razia didepan Mapolsek Palu Selatan, Sabtu Malam.

Dalam pantauan media ini, belasan kendaraan roda dua berhasil diamankan oleh petugas akibat berbagai macam pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Meski begitu, Kapolsek Mengatakan, pihaknya masih mengalami hasil yang nihil terkait dengan fokus operasi malam kemarin, seperti Sajam, Narkotika serta Kendaraan yang tidak memiliki identitas.

Untuk itu, Awaluddin menghimbau, masyarakat dapat menyikapi Operasi Rutin Polisi tersebut dengan bijaksana, jika memang kelengkapan berkendara terpenuhi, tidak perlu takut berhadapan dengan polisi.

Namun apabila memang kelengkapan trisiap lalai dipenuhi, jangan bertindak nekat. Tetap hadapi petugas dan hormati perundang-undangan.

“Serta jangan sampai membahayakan diri sendiri, apalagi orang lain,” Tandas Kapolsek Palu Selatan
(Sugi/swatvnews.id//2019).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close