KESHLING

YPII dan IBU Kerjasama Lakukan Pendampingan Psikologi Untuk Korban PaSiGala

Panitia memberikan materi psikologi kepada para remaja korban bencana PaSiGala

Sigi, Swtvnews.id – Yayasan Plan International Indonesia (YPII) dan Yayasan Indonesia Bhadra Utama (IBU) bekerjasama untuk melakukan pendampingin psikososial terstruktur di Sulawesi Tengah, Kamis (21/3/19) Malam.

Hal tersebut, berbasis pada perlindungan anak dalam konteks darurat bencana dengan mengirimkan staf terlatih dalam kegiatan Ruang Ramah Anak Pasca Bencana (Rumah Kencana) untuk anak usia 12 – 18 tahun di 5 Desa dampingan di Kabupaten Donggala dan Sigi sejak bulan Desember 2018 hingga April 2019.

Project Coordinator IBU Foundation, Tito Panggabean mengatakan Salah satu kegiatan yang dikembangkan dari aspek Rumah Kencana adalah Kegiatan Malam Puisi yang mengandung aspek eksplorasi perasaan.

“Saat membuat, membaca atau sekedar mendengarkan para hadirin bisa merasakan emosi yang ada pada puisi. Seperti perasaan sedih, semangat atau emosi lainnya,” kata Tito Panggabean selaku

Dia menambahkan, Dengan membaca peserta lebih bisa menggali dan mengekspresikan diri melalui puisi, Jelasnya.

Tujuan dari Rumah Kencana adalah untuk meningkatkan keadaan psikologis anak dan keluarga yang terdampak bencana dengan memberikan dukungan layanan dasar dan keamanan, layanan dukungan kepada keluarga dan komunitas, dan layanan dukungan non-spesialis dan spesialis melalui jejaring dan koordinasi yang dilakukan oleh IBU Foundation.

Dalam program Rumah Kencana terdapat tujuh aspek yang mendukung pemulihan kondisi psikis remaja di desa dampingan melalui kegiatan-kegiatan yang dikembangkan dari aspek-aspek tersebut.
(Sugi/swatvnews.id//2019).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close