EDUKASIPalu

Kota palu dominasi kasus HIV/Aids selama dua tahun terkahir

dr. Muslimah L Gady Ketua Komisi Penanggulangan HIV / AIDS Sulteng

Palu, Swatvnews.id – Dalam Kurun waktu 2017 hingga 2018, kota Palu menja di daerah tertinggi kasus HIV aids dari 13 kabupaten lainya yang ada di Sulawesi Tengah.

hal tersebut dibenarkan oleh ketua komisi penanggulangan AIDS Provinsi Sulteng dr. Muslimah L Gady.
menurutnya pada tahun 2017 kasus HIV AIDS di kota Palu mencapai 359 kasus. sementara di tahun 2018 kasus tersebut meningkat hingga mencapai 418 kasus.

Dia menjelaskan sebagian besar orang yang terkena virus HIV AIDS tersebut merupakan mereka yang berprofesi sebagai supir truk angkutan antar Provinsi, yang kerap mencari jajanan sembarangan atau berhubungan badan dengan para pekerja seks komersial.

selain itu ia juga mengatakan penyebab lainya penularan HIV AIDS tersebut juga karena maraknya penggunaan narkotika jenis suntik yang dilakukan secara bergantian atau menggunakan jarum suntik bekas.

” kalau dihitung dari data kumulativ atau dari desember 2002 hingga desember 2018 jumlah kasus HIV AIDS di Palu itu mencapai 766 kasus, setiap tahunnya memang selalu ada kasus HIV AIDS ” ungkap ketua komisi penanggulangan aids Provinsi Sulawesi Tengah”

Sementara Untuk tahun 2019 ini kami belum dapat memastikan jumlah kasus HIV AIDS, karena pasca bencana kemarin sebagaian besar orang dengan HIV AIDS atau odha masih berada di tenda pengungsian dan pulang ke kampung halamanya, bahkan beberapa diantarnya meninggal akibat bencana tambah dr. Muslimah L Gady

Dari data kumulati yang dimiliki pihak Komisi Penanggualngan AIDS Provinsi Sulawesi Tengah, jumlah kasus HIV AIDS di Sulawesi Tengah mencapai 2150 orang. 283 orang lainya dinyatakan meninggal dunia.
(Gabdika/swatvnews.id//2019).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close