SULTENG

TNI-POLRI bahu membahu bantu Korban Banjir Bandang di Jayapura Papua

TNI-POLRI bahu membahu bantu korban Banjir Bandang di wilayah Sentani Kab. Jayapura-Papu (foto Ist/swatvnews.id-2019)

Jayapura, Swatvnews.id ā€“ Banjir bandang terjadi di Wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/3/19) malam menghanyutkan beberapa rumah warga, yang berada di Wilayah itu.

Banjir bandang tersebut, terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi dan menghanyutkan beberapa rumah warga serta menelan korban jiwa, akibat terseret arus air yang cukup kencang dan bercampur lumpur serta material kayu.

Sebelum terjadi banjir, pada pukul 18.00 terjadi hujan yang cukup deras, mengakibatkan banjir yang bercampur lumpur yang berasal dari arah pegunungan cycloop sentani jatuh ke jalan raya dan masuk ke komplek perumahan warga yang ada di seputaran wilayah Sentani Kabupaten Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa setelah hujan reda sekitar pukul 00.00 wit Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormi yang didampingi Pejabat Utama Polda Papua meninjau langsung pemukiman penduduk yang terkena banjir di komplek BTN Bintang Timur Kabupaten Jayapura yang sebagian besar tertimbun lumpur dan mengalami rusak parah.

Untuk sementara korban jiwa sebagian besar belum dapat diidentifikasi, disamping itu untuk kerugian material juga belum dapat di datakan pemiliknya,” Katanya.

Dia menambahkan, Sementara Warga masyarakat yang terkena dampak banjir sebagian telah menyelematkan diri ke Mako Polsek Sentani Kota, komplek perkantoran gunung merah sentani dan juga Mapolres Jayapura.

Saat ini, Akses jalan diseputaran wilayah Sentani Kabupaten Jayapura lumpuh total dan hal tersebut mengakibatkat terhambatnya mobilisasi kendaraan untuk mengevakuasi warga di titik-titik yang terkena dampak banjir.

Sejumlah 15 titik di wilayah tersebut, yang terdampak banjir diantaranya :
1. BTN Gajah Mada Sentani.
2. BTN Bintang Timur Sentani.
3. Komplek Jalan Padang Pasir Sentani.
4. Komplek Salatiga Jalan Caravan Sentani.
5. Komplek Jalan Kemiri Sentani/Depan Mako Auri.
6. Komplek Jalan Sosial Sentani / BTN Sosial / Komplek 751/R Hingga Jalan Tabita Sentani.
7. Komplek BTN Permata Hijau Sentani.
8. Komplek Kali Ular Doyo Baru Waibu.
9. BTN Grand Doyo Baru.
10. Komplek BTN Jalan Yowari Doyo Baru.
11. Komplek BTN Kolam Doyo Baru.
12. Komplek BTN Daime – Daime Doyo Baru.
13. Pertigaan Mata Jalan Arah Mapolres Jayapura.
14. Komplek pemukiman Komba Sentani.
15. Komplek Pasar Lama Sentani.

Bencana banjir tersebut, mengakibatkan 7 orang warga meninggal dunia, 1 orang luka-luka, 2 orang hilang belum di temukan dan kerugian material dalam kejadian ini diperkirakan mencapai puluhan milyar rupiah.

Kepolisian Daerah Papua dan TNI telah melakukan langkah langkah yang harus dikerjakan dalam menangani para korban tersebut, Kapolda Jayapura Papua memerintahkan anggotanya untuk mengkordinir serta berkordinasi dengan pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Jayapura guna melakukan evakuasi serta pencarian korban yang belum di temukan.
(Sugi)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close