Palu

Warga Minta GBI Jalan Banteng 5 dipindahkan

Suasana mediasi pengurus gereja dengan warga Rt 07 Rw 03 kelurahan Birobuli Selatan-(foto istimewa/swatvnews.id-2019)

Palu, Swatvnews.id – Warga Jalan Banteng 5 RT 07 RW 03 Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu Sulawesi Tengah, meminta pengurus Gereja Bethel Indonesia yang berada di area tersebut, untuk tidak melanjutkan pembangunan Gereja itu.

Warga setempat meminta agar gereja itu, dibongkar dan dipindahkan.

Berdasarkan kesepakatan dari hasil mediasi antara warga setempat bersama pengurus gereja tersebut, yang mana rapat itu di pimpin oleh Camat Palu Selatan Abdul Arief di ruangannya, Jumat (15/3/19) sore, bahwa pengurus GBI akan membongkar dan memindahkan gereja itu.

Kapolsek Palu Selatan, AKP Awaluddin Rahman, mengatakan pembongkaran dan pemindahan itu adalah tuntutan dari warga yang berada di Jalan Banteng 5, mereka menyatakan menolak pembangunan gereja 8 x 12 tersebut.

“mereka mengancam jika pengurus GBI tidak membongkarnya, maka para warga akan membongkarnya sendiri,” katanya.

Sementara itu, Pdt Oktavianus Mapada, sebagai pemilik bangunan menyetujui pembongkaran dan pemindahan bangunan Gereja itu Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Saya berinisiatif membongkar sendiri, dengan menggunakan dana yang ada, Saya fikir cukup,” ucapnya.

Selama mediasi berlangsung, terungkap fakta bangunan serta status tanah masih bermasalah. Bangunan ibadah ini tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan status kepemilikan tanah masih simpang siur.

Meskipun bermasalah, pengurus GBI tetap saja melaksanakan aktivitas ibadah.

“Ini yang tidak bisa diterima warga, makanya tidak diizinkan membangun tempat ibadah di lokasi itu,” jelasnya.

Usai mendapatkan pencerahan dari berbagai pihak, pengurus GBI akhirnya bersepakat untuk membongkar bagunan ibadah tersebut dengan tenggang waktu hingga Jumat (22/3/2019) pekan depan. (Sugi)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close