EDUKASISULTENG

BMKG : SULTENG BERPOTENSI DILANDA FENOMENA MJO

Forcester BMKG Mutiara Palu Ambriani

Palu, Satvnews.id – Fenomena Madden Julian Oscilation, telah memasuki samudra hindia sejak beberapa hari lalu, dan memberikan dampak berupa peningkatan curah hujan, serta angin kencang di wilayah indonesia di bagian barat.

Menanggapi hal tersebut, pihak Bmkg mutiarapalu menyebutkan indonesia bagian timur atau tepatnya di sulawesi tengah ada beberapa Wilayah yang saat ini berpotensi akan terjadi hujan lebat seperti Kabupaten Buol, Toli- toil, Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali, dan Morowali Utara.

“dari siaran pers yang dirilis bmkg pusat memang MJO ini sedang berada di Indonesia dari tanggal 8 maret 2019 dan diperkirakan akan berlangsung hingga 14 maret 2019 mendatang. Ujar forcester bmkg mutiara palu, Ambriani.

Ia menjelaskan fenomena MJO merupakan peristiwa atmosfir normal yang terjadi secara periodic, disebabkan sirkulasi sell skala besar di ekuatorial yang bergerak dari barat ketimur, sehingga melewati wilayah Indonesia.

“fenomena MJO ini dapat menilbulkan potensi terhadap banjir di wilayah wilayah yang sedang musin hujan, atau dilanda fenomena MJO, seperti di beberapa daerah yang ada di pulau jawa. Sementara disulteng sendiri masih berpotensi akan dilanda hujan lebat, namun curah hujannya masih di bawah 100 mili meter.” jelasnya

Bmkg mutiara palu juga mengimbau warga agar terus waspada terhadap curah hujan yang bisa terjadi, dan menyebabkan banjir ,banjir bandang, tanah longsor, angin kencang,pohon tumbang, petir, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini , BMKG silahkan membuka layanan informasi cuaca selama 24 jam di aplikasi BMKG atau menghubungi akun media sosial BMKG. Tutup Ambirani. (Gabdika)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close