EKOBIS

Program Pengadaian, sampah jadi emas

Palu, Swatvnews.id – PT Pegadaian meresmikan Bank Sampah yang telah di bangun di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu Sulawesi Tengah Rabu (6/3/19) Sore.

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk menjalankan Program Pegadaian Bersih-Bersih, yang mana sebelumnya telah membangun bang sampah di 16 Kota di Indonesia dan Kota Palu adalah Kota yang ke 17 yang menjadi pilihan Pegadaian.

Tidak hanya itu, pegadaian juga mengajak masyarakat Kota Palu, Khususnya Kelurahan Duyu untuk mewujudkan programnya yaitu mengubah sampah menjadi emas.

“Dengan adanya Bank Sampah ini, semua masyarakat setempat dapat menikmati manfaat dari Program Pegadaian Bersih-Bersih, dimana nanti masyarakat dapat mengubah sampah rumah tangga menjadi tabungan emas,” kata Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto, Saat peresmian Bank Sampah Palu, Kelurahan Duyu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (6/3).

Dia menambahkan, tidak hanya dibangun, tetapi masyarakat juga akan diberi pengetahuan bagaimana cara memilah sampah dengan baik dan benar, sehingga nantinya dapat ditukarkan dengan emas.

Sementara itu, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said, mengatakan sangat mengapresiasi Program Pegadaian Bersih-Bersih, karena Menurutnya program tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Program ini juga dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, karena sampah-sampah yang dikumpulkan dapat diubah menjadi emas,” Kata Sigit Purnomo Sait

Dia menambahkan, tidak hanya menguntungkan bagi masyarakat, tetapi juga dapat membuat masyarakat lebih aktif menjaga lingkungan dengan mengumpulkan sampah, yang mana sampah yang di kumpulkan juga dapat ditukar menjadi tabungan emas.

Hal tersebut, Selain untuk memilah sampah menjadi emas, Program Pegadaian Bersih-Bersih itu juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat dan mengurangi dampak sampah lingkungan Kota Palu dan khususnya Kelurahan Duyu.

Selain membangun Bank sampah, Pegadaian juga akan memberikan bantuan perlengkapan yang akan di gunakan, yaitu 2 Unit sepeda motor sampah, dana kebijkan umat Pegadaian Syariah berupa sound system untuk Masjid Al-Ikhsan, dana kebijakan umat Pegadaian Syariah berupa sembako gratis untuk pengungsi Huntara,dan bina lingkungan berupa 200 bibit pohon.

Terpilihnya Kelurahan Duyu, sebagai lokasi Program bersih bersih Pegadaian tersebut, karena adanya bencana alam yang menimpa Kota Palu yaitu gempa bumi, Tsunami dan Likuifaksi, dari hal itulah Bank sampah di bangun di Kota Palu, karena Volume sampah di Sulawesi Tengah cukup meningkat. Hal ini terlihat dari limbah medis yang tercatat hampir 10,5 ton di beberapa rumah.

Kegiatan tersebut, menghadirkan Institut Ilmu Pengetahuan Pemerintah (IIP). Hal ini dilakukan agar semua lapisan masyarakat dapat memahami tujuan dari Program yang di laksanakan PT pegadaian tersebut.(Sugi)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close