PaluSULTENG

Informasi Hoax Sering Membuat Damkar Terkecoh.

istimewa

Palu, Swatvnews.id – Informasi mempunyai sisi positif dan negatif, Salah satu sisi negatifnya adalah maraknya hoax atau kabar bohong. Bahkan, kabar bohong tersebut tidak hanya terjadi di media sosial, tapi juga di layanan pengaduan masyarakat.

Kabar hoax inilah yang sering diterima petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Palu, Beberapa kali PMK Palu mendapatkan kabar hoax langsung melalui sambungan telepon.

”Ya, kami pernah beberapa kali kejadian seperti itu,” kata Sudaryono R. Lamangkona selaku Kepala Damkar Kota Palu kepada wartawan Swatvnews, Minggu (3/3/19) Pagi.

“kami sering mendapati informasi bohong yang di berikan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti ketika ada telepon ke kantor PMK Kota Palu tentang terjadinya kebakaran, beberapa mobil pemadam segera diturunkan ke lokasi. Ternyata, kebakaran yang dimaksud tidak ada,” Jelas Sudaryono.

Yang membuat miris, kasus seperti ini tidak terjadi hanya sekali. ”setiap bulannya, kami selalu menerima informasi bohong tentang kebakaran,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Tentu hal seperti ini, tidak bisa dianggap sebagai lelucon semata. Akibat dari hal tersebut sangat fatal karena pemadam kebakaran yang telah menerima info yang ternyata walaupun bohong tersebut, namun demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, personil langsung bergerak cepat dan hal tersebut dapat membahayakan para pengguna jalan serta para personil Damkar, namun hal tersebut tak pernah di sadari oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab, dalam hal ini para pemberi informasi Bohong tersebut. Jelasnya.

Meski begitu, pihak PMK Kota Palu tetap meminta masyarakat agar tetap berani melapor jika terjadi kebakaran.”Pemadaman itu gratis. Jangan menunggu kebakaran menjadi besar,” imbuhnya.

Kami hanya berharap, serta berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Palu, agar tidak bermain main dengan yang namanya kebakaran, serta tidak iseng dengan nomor telepon milik PMK, kami juga meminta masyarakat untuk lebih sadar dalam memberikan informasi. Tutupnya.**(Sugi)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close