EDUKASIKESHLINGSULTENG

ICRC Kenalkan, Dasar Forensik Pada Jurnalis dan Relawan Bencana.

Palu, Swatvnews.id- Belasan Jurnalis dan anggota Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) dan Tanggap Bencana (TAGANA), dibekali pengenalan dasar Forensik dan Disaster Victim Identification (DVI) Rabu (27/2/19) Pagi hingga Sore hari di salah satu Hotel yang ada di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan seperti ini, pertama kali di gelar di Sukabumi Jawa Barat, penyelenggaraannya di Kota Palu sendiri, kerjasama antara PMI Kota Palu dan International Committee of the Red Cross (ICRC) atau Palang Merah Internasional dilaksanakan di Hotel Rama, Jalan Tanjung Santigi, Kota Palu.

Hadir sebagai pemateri Spesaialis Forensik Regional ICRC untuk Asia dan Pasifik Eva Bruenisholz, di dalam kegiatan tersebut, Selain teori juga dilaksanakan simulasi forensik.

”ICRC melihat bahwa jurnalis mempunyai peranan yang sangat penting dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik, termasuk liputan bencana,” Kata Eva Bruenisholz, Spesialis Forensik ICRC.

Dia menjelaskan dalam kegiatan yang digelarnya tersebut pihaknya ingin menekankan begitu pentingnya identifikasi jenazah korban. Selain itu begitu pentingnya juga mengetahui identitas keluarga dari korban.

”Pada intinya bagaimana menekankan pentingnya meringankan beban dari keluarga korban,” jelas dia.

Eva, mengingatkan dalam memperlakukan atau penanganan jenazah harus dengan penuh rasa hormat dan martabat. Dia berkeyakinan para jurnalis di Indonesia memiliki etika dalam setiap melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Pelatihan tersebut, tidak hanya di ikuti para jurnalis, tetapi juga beberapa anggota Korps Sukarela, Palang Merah Indonesia, dan Satuan Tanggap Bencana yang semuanya berada di Sulawesi Tengah.

Penulis : Sugiarto Efendi
Editor : Yusuf

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close