HUKUMSULTENG

Sekprov Harap, bersama rakyat TNI kuat

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Ke 104 Kodim 1306 Donggala, mulai dilaksanakan di Desa Bobo Kecamatan Palolo Kab.Sigi, Sulawesi Tengah Selasa (26/2/19) pagi.

TMMD Ke 104 Kodim 1306 Donggala ditandai dengan upacara pembukaan yang mengusung tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”. Dengan waktu pelaksanaannya dimulai pada tanggal 26 Februari 2019 sampai dengan 27 Maret 2019, yang didukung pendanaannya oleh Pemda Kab.Sigi dengan anggaran sebesar Rp 2 M.

Kegiatan ini ditandai dengan penyematan pita dan penyerahan alat kerja (sekop dan cangkul) secara simbolis serta penandatangan naskah penyerahan dan penerimaan operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 yang disaksikan oleh Sekda Prov.Sulawesi Tengah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Prov. Sulawesi Tengah Drs.H.Mohamad Hidayat Lamakarate,M.Si yang dinobatkan sebagai Inspektur Upacara, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang, Forkopimda Prov. Sulawesi Tengah yang diwakili Danrem 132 / Tadulako Kol (inf) Agus Sasmita , Dandim 1306 / Donggala, Wakil Bupati Sigi Paulina,SE,M.Si, Kadis Sosial Prov.Suleng Drs.H.Ridwan Mumu,M.Si, Kepala OPD Lingkup Kab. Sigi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Kab.Sigi.

“Kegiatan seperti ini, Merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi dirinya karena diberikan kesempatan untuk menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD Ke-104,” Kata Sekprov Hidayat Lamakarate.

Lebih lanjut, Hidayat menyampaikan kegiatan TNI manunggal membangun desa (TMMD) merupakan kerjasama pemda kabupaten sigi dengan TNI yaitu kodim 1306 Donggala yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan fisik dan non fisik.

Selanjutnya ia juga berkata, Sebagaimana dipahami bersama, bahwa program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

kegiatan TMMD merupakan bentuk bhakti TNI, yang dilaksanakan diwilayah dengan melibatkan masyarakat setempat, secara bergotong royong mengerjakan pekerjaan fisik dan non fisik sesuai sasaran yang telah ditentukan.

Berbicara tentang sasaran, maka dalam kegiatan TMMD di Wilayah Kecamatan Palolo ini, diambil dari saran dan masukan masyarakat kepada pemda kemudian dikoordinasikan dengan pihak kodim 1306 Donggala, sehingga sasaran pekerjaan dan hasilnya nanti dapat langsung menyentuh kebutuhan dan mengatasi kesulitan masyarakat secara nyata.

Sekda Prov Hiayat Lamakarate, berharap semoga keberadaan anggota TNI satgas TMMD dimasyarakat dapat menjadi perekat dan memperkuat semangat persatuan dan kesatuan serta terjalin tali silahturahim dengan suasana persaudaraan. bagi masyarakat dihimbau agar dapat menerima anggota satgas TMMD dengan hangat dan penuh rasa kekeluargaan, tni berasal dari rakyat sehingga tni adalah bagian dari rakyat seperti bunyi salah satu semboyan “bersama rakyat tni kuat,” Tutup Hidayat.

Penulis : Sugiarto Efendi
Editor : Yusuf

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close