EDUKASIHUKUMSULTENG

Ditpolair Polda Sulteng Amankan Belasan Satwa Dilindungi


Luwuk,swatvnews.id, Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Balai Karantina Ikan berhasil mengamankan satwa langka jenis ikan napoleon dan penyu. Selain belasan ekor hewan yang dilindungi itu, petugas juga mengamankan pemililknya berinisial SP (62), warga Jalan Trans Pagimana-Luwuk, Kabupaten Banggai.

Tertangkanya SP, bermula tim subdit Gakkum Ditpolair Polda Sulteng yang menggunakan Kapal XIX-2001 Unit Luwuk menerima informasi dari BKIPM Luwuk, 24 Februari 2019 tentang adanya seseorang yang memperjualbelikan hewan dan ikan yang dilindungi. Dari laporan tersebut, subdit gakkum bersama BKIPM langsung mendatangi lokasi di Rumah Makan Anugerah Jalan Trans Pagimana-Luwuk, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai. Di lokasi, petugas menemukan 11 ekor penyu dan tiga ekor ikan napoleon. Ikan dan penyu tersebut dalam kondisi masih hidup.

Dari temuan itu, petugas langsung mengamankan pemiliknya berinisial SP untuk diperiksa dan dimintai keterangan di mako Polair Polda Sulawesi Tengah. Sedangkan belasan ekor penyu dan ikan napoleon pun diamankan di BKIPM Luwuk untuk diidentifikasi.

Atas perbuatan tersebut, SP dianggap telah melakukan pelanggaran dengan menyimpan, memiliki, memelihara dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup” sebagaimana dimaksud dalam pasal 40 ayat 2 Jo Psl 21 ayat 2 huruf a. Setiap orang dilarang menyimpan, memiliki, memelihara dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup, UURI No. 5 tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.

Penulis : Syamsuddin
Editor. : Yusuf

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close